Kamis, April 2

Meeting 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama sekolah : SMA MUJAHIDIN PONTIANAK
Mata pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : X/2 (Dua)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit

Standar Kompetensi :
Menulis (Writing)
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar :
12.2. Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative, descriptive dan news item.

Indikator :
1. Siswa dapat membuat kalimat menggunakan past continuos tense dengan benar.

Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan dapat :
1. Menyusun kata-kata menjadi kalimat dalam bentuk past continous tense dengan benar
2. Menemukan kalimat dalam bentuk past continous tense dengan benar.
3. Membuat kalimat dalam bentuk past continous tense dengan benar

Materi Pembelajaran
1. Teknik Pembelajaran
1. Pre-Activity
• Guru mengucapkan salam pada siswa
• Guru mengabsen siswa dengan menanyakan siswa yang tidak hadir
• Guru membagikan teks bacaan kepada seluruh siswa dan menyuruh siswa membacanya
• Guru menanyakan kepada siswa mengenai tenses yang digunakan dalam bacaan
• Guru memberikan reinforcement terhadap tanggapan yang diberikan oleh siswa
• Guru mengatakan kepada siswa mengenai materi yang akan dipelajari
2. Whilst-Activity
a. Presentation
• Guru menjelaskan kepada siswa mengenai past continous tense
• Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
• Jika tidak ada siswa yang bertanya, guru memberikan pertanyaan pada siswa
• Guru memberikan reinforcement terhadap setiap jawaban dan tanggapan yang diberikan oleh siswa
b. Skill practice
• Guru menyuruh siswa untuk menyusun kata-kata menjadi kalimat yang benar dengan pola past continous tense (Hand out 1)
• Guru menyuruh siswa menemukan kalimat yang benar atau salah dalam kalimat berbentuk past continous tense yang berikan (Hand out 2)
• Guru menyuruh siswa untuk menukarkan tugas kepada teman sebangku
• Guru dan siswa membahas latihan yang diberikan
3. Post-Activity
• Guru memberi kesimpulan dari materi yang telah dipelajari
• Guru memberi pekerjaan rumah kepada siswa untuk membuat lima buah kalimat berbentuk past continous tense (hand out 3)
• Guru menutup kelas dengan mengucapkan salam

2. Materi Pembelajaran
Materi untuk pre-activity
It was my first day of class. I finally found the right room. The room was already full of students. On one side of the room, students were talking busily to each other in Spanish. Other students were speaking Japanese and some were conversing in Arabic. It sounded like the United Nation. Some of students, however, just sit quietly by themselves. I was choosing an empty seat in the last row and sit down. In a few minutes, the teacher walked into the room and all the multilingual conversation stopped.

Materi untuk whilst-activity
Past continuous tense
- To say that somebody was in the middle of doing something at a certain time. The action or situation ha already started before this time but had not finished.
- Two actions happen at the same time, but one action began earlier an was in progress when the other action occurred.







Examples:
1. We saw an accident while we were going home
2. I was taking a bath when she knocked the door

Pattern
( +) S + were/was + Ving
( - ) S + were/was + Not + Ving
( ?) were/was + S + Ving?
Note:
• There are some verbs those are not normally used in the continuous tense; know, want, believe
• Adverb of time usually used in past continuous tense; at this time, a go, at that time, yesterday, at that moment, at the time, last.

3. Sumber Belajar
- Buku ajar bahasa Inggris Eksis untuk SMA
- English grammar in use
- Understanding and using English grammar

4. Metode
Three - phase technique

5. Penilaian
Hand out 1
Setiap jawaban benar mendapat skor 2
Nilai = jumlah skor x 10

Hand out 2
Setiap jawaban benar mendapat skor 2
Nilai = jumlah skor x 10

Hand out 3
No Kriteria Skor
1 Koherensi 30
2 Spelling 15
3 Kerapian 5

Nilai = Jumlah skor x 2

6. Key Answers
Hand out 1
1. When Wahyu arrived, we were having dinner.
2. Tom burnt his hand while he was cooking dinner.
3. Ayu was waiting for Agung when Desi arrived.
4. We saw an accident while we were going home.
5. While I was working in the garden, I hurt my back.
Hand out 2
1. T
2. T
3. F
4. F
5. T

Hand out 3
Menyesuaikan dengan jawaban siswa


Hand Out 1
Arrange the words bellow into sentences in the form of past continuous tense.
1. were-having-Wahyu-when-arrive-,-we-dinner
2. burnt-his hand-was-cooking-he-dinner-Tom-while
3. Ayu-waiting-was-Agung-when-arrived-Desi-for
4. accident-an-we-while-were-working-was-I-garden-in-the
5. my back-hurt-while-working-was-I-garden-in-the-I

Hand Out 2
Write T if the statement true and write F if the statement false.
1. I was talking to y classmate when Mr. Abbas came into the class.
2. Ade was doing her home work when Desi came to her house
3. We were knowing each other when we met at the party
4. We has been waiting for him for two hours
5. Were you doing your homework?

Hand out 3
Write five sentences by using past continuous tense

Tidak ada komentar:

Posting Komentar