RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama sekolah : SMA MUJAHIDIN PONTIANAK
Mata pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : X/2 (Dua)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi :
Membaca (Reading)
11. Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar :
11.2. Merespon makna dan langkah-langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative, descriptive dan news item.
Indikator :
1. Mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca
2. Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang dibaca
3. Mengidentifikasi ciri-ciri dari benda atau orang yang dideskripsikan
Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan dapat :
1. Menemukan arti kata-kata sulit dalam bacaan
2. Mengetahui arti kalimat dalam teks yang dibaca
3. Menjawab pertanyaan dari teks bacaan yang di berikan
Materi Pembelajaran
1. Teknik Pembelajaran
1. Pre-Activity
• Guru mengucapkan salam pada siswa
• Guru mengabsen siswa dengan menanyakan siswa yang tidak hadir
• Guru memberikan deskripsi kepada siswa tentang sebuah olahraga dan meminta siswa untuk menebak nama olahraga yang dimaksud
• Guru memberikan reinforcement terhadap jawaban yang diberikan oleh siswa
• Guru memberitahukan kepada siswa mengenai materi pelajaran yang akan dipelajari
2. Whilst-Activity
a. Presentation
• Guru memberikan sebuah teks deskriptif sederhana kepada siswa
• Guru bersama-sama siswa menemukan kata sulit dan maknanya dalam bacaan.
• Guru menjelaskan mengenai deskriptif teks
• Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau memberi masukan.
b. Skill practice
• Guru menyuruh siswa untuk menterjemahkan teks bacaan deskriptif sederhana (Hand out 1)
• Guru menyuruh siswa untuk menjawab pertanyaan dari teks bacaan (Hand out 2)
• Guru menyuruh siswa untuk menukarkan tugas kepada teman sebangku
• Guru dan siswa membahas latihan yang diberikan
3. Post-Activity
• Guru meminta siswa memberi kesimpulan dari materi yang telah dipelajari
• Guru memberikan reinforcement terhadap tanggapan yang diberikan oleh siswa
• Guru menutup kelas dengan mengucapkan salam
2. Materi Pembelajaran
Materi untuk pre-activity
1. It is one kind of sport
It consists of 11 players
It needs ball and large field
The players kick the ball to play the sport
What is the name of this sport?
2. We only can do it in water
We play individually
We use glasses when played it
We wear swimming suit
What is the name of this sport?
Materi untuk whilst-activity
Deskriptif teks
Badminton is one of popular indoor sports in Indonesia. Many people like to play it very much. They play it just for fun or to follow sport competition. It consists of two or four players. The players use light longhand led rackets to hit a shuttlecock. Beside that, we also need net and rackets to play it. We can get them in a sport shop. Therefore, we need to spend a lot of money in order to get good nets rackets, and shuttlecocks
Kosakata
Indoor sport = A sport which is done in a room
Follow = To join something
Spend = To give or pay money for goods
Shuttlecocks = An instrument which are made of a round piece of rubber with a ring of real or plastic feathers attached
Hit = To strike something with racket in the hand
1. Social Function
A descriptive text is a text that is used to describe a particular person, place or thing.
2. Generic Structure
- Identification : Identifies phenomenon to be described
- Description : Describes parts, qualities, characteristic
3. Significant grammatical features
- Focus on specific participant
- Use of attribute and identifying processes
- Frequent use of epithets and classifiers in nominal groups
- Use of simple present tense
3. Sumber Belajar
- Jenis-jenis teks sebagai bahan ajar
- Buku ajar bahasa Inggris Eksis untuk SMA
- Bank soal ujian nasional
4. Metode
Three - phase technique
5. Penilaian
Hand out 1
No Kriteria Skor
1 Koherensi 30
2 Spelling 15
3 Kerapian 5
Nilai = Jumlah skor x 2
Hand out 2
No Kriteria Skor
1 Jawaban benar 2
2 Jawaban kurang tepat 1
Nilai = Jumlah Skor x 2
6. Key Answers
Hand out 1
Disesuaikan dengan dengan kemampuan siswa dalam menterjemahkan bacaan
Hand out 2
1. Badminton
2. People play badminton for fun or following sport competition
3. Rackets, net and shuttlecocks
4. We can get them in the sport shop
5. Disesuaikan dengan jawaban siswa
Hand Out 1
Translate the paragraph bellow in Indonesia!
Badminton is one of popular indoor sports in Indonesia. Many people like to play it very much. They play it just for fun or to follow sport competition. It consists of two or four players. The players use light longhand led rackets to hit a shuttlecock. Beside that, we also need net and rackets to play it. We can get them in a sport shop. Therefore, we need to spend a lot of money in order to get good nets rackets, and shuttlecocks
Hand Out 2
Answer the questions bellow based on the text given!
1. What is the title above?
2. What do the people play badminton for?
3. What do the instrument we need to play badminton?
4. Where we can get them?
5. What is your favorite sport? Give your reasons?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar