Nama sekolah : SMA MUJAHIDIN PONTIANAK
Mata pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : X/2 (Dua)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi :
Menulis (Writing)
12. Mengungkapkan makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive, dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar :
12.2. Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative, descriptive,dan news item.
Indikator :
1. Menghasilkan teks berbentuk narrasi.
Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan dapat :
1. Menyusun kalimat menjadi sebuah paragraf narasi
2. Menulis sebuah cerita narasi sesuai dengan gambar yang diberikan
Materi Pembelajaran
1. Teknik Pembelajaran
1. Pre-Activity
• Guru mengucapkan salam pada siswa
• Guru mengabsen siswa dengan menanyakan siswa yang tidak hadir
• Guru mengulang kembali materi pada pertemuan sebelumnya mengenai teks narasi
• Guru memberitahukan kepada siswa mengenai materi pelajaran yang akan dipelajari
2. Whilst-Activity
a. Presentation
• Guru menjelaskan mengenai teks narasi
• Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau memberi masukan.
• Guru memberikan reinforcement terhadap jaaban dan tanggapan yang diberikan oleh siswa.
b. Skill practice
• Guru menyuruh siswa untuk menulis sebuah cerita narasi berdasarkan pada gambar yang diberikan (Hand out 1)
• Guru menyuruh siswa untuk mengumpulkan latihan yang diberikan dan akan menjadi nilai tugas.
3. Post-Activity
• Guru memberikan kesimpulan tehadap pelajaran yang diberikan
• Guru menutup kelas dengan mengucapkan salam
2. Materi Pembelajaran
Materi untuk Whilst activity
Narrative text
Social function
To amuse, entertain, and to deal with actual or various experience in different ways: narratives deal with problematic events which lead to a crisis or turning point of some kind, which in turn finds a resolution.
Generic structure
• Orientation: sets the scene and introduces the participants
• Evaluation: a stepping back to evaluate the plight.
• Complication: a crisis arises
• Resolution: the crisis of resolved, for better or for worst
• Re orientation: optional
Significant grammatical features
• Focus on specific and usually individualized participants
• Use of material processes, behavioral and verbal processes
• Use of relational processes and mental processes
• Use of temporal conjunctions, and temporal circumstances
• Use of past tense
3. Sumber Belajar
- Buku ajar bahasa Inggris Eksis untuk SMA
- Jenis-jenis teks sebagai bahan ajar
4. Metode
Three - phase technique
5. Penilaian
Hand out 1
No Kriteria Skor
1. Structure 30
2. Koherensi 30
3. Spelling 15
4. Main idea 15
5. Kerapian 10
Nilai = Jumlah skor
Hand Out 1
Write a paragraph about narrative story from the picture given indivudually. The paragraph must consist of 10 sentences. You have 15 minutes to do your work. use these questions as a guide for your writing.
Part 1
1. What picture is it?
2. What we can see there?
3. Where is the location of the site?
4. What did it build for/
5. Is it a famous site?
Part 2

1. What is the name of the picture?
2. Where is it located?
3. What is the interesting about the picture?
4. Do you want to go there some day? Give your reason!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar